Minggu, 17 Oktober 2010

Pauli Tes

Aloooooo…………. met pagi smuanya…. sambil makan barongko, kali ini saya mau sedikit share about tes Pauli (Pauli Test). Bagi seorang yang sering mengikuti rangkaian psikotes pada perusahaan-perusahaan yang membuka loker alias lowongan kerja, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tes Pauli. Ya betul, tes ini adalah tes yang isinya tambah-tambahan, kayak anak SD yang baru belajar hitungan.pauli

Kira-kira lembar soal dan jawaban tesnya seperti gambar disamping. Hanya saja, ukuran kertas yang digunakan lebih besar daripada kertas A3. Gede ya?!? eits,,,,,,,,,,slain kertasnya gede (muat angkanya banyak bgt), kertasnya juga di print (copy) bolak-balik.

Untuk mengerjakan tes ini sebenarnya gampang. Kita hanya ditugaskan untuk menuliskan hasil penjumlahan antara angka yang diatas dengan angka yang dibawahnya, dan seterusnya. Oiya, yang kita tulis hanya angka dibelakangnya saja, jadi jika penjumlahan tersebut lebih dari sembilan, maka yang ditulis hanya satuannya saja. Misal, 5+5=10, yang ditulis hanya angka 0 nya saja. Nantinya jawaban kita ditulis diantara angka yang dijumlahkan. Gw kasih contoh gambarnya deh…..pauli2! Yang saya highlight dengan warna hijau itu jawaban dari tes pauli.

Cara menjawab tes ini adalah dari atas ke bawah, jadi setelah kolom pertama selesai, kita harus segera pindah ke kolom kedua. Tes ini dilakukan dalam kurun waktu sekitar 1 jam. Namun pada beberapa menit sekali, pengawas tes akan memberi perintah untuk memberi tanda sejauh mana kerja kita, yaitu dengan memberikan garis pada jawaban terakhir saat itu.

Walaupun angka-angka yang harus dijumlahkan banyak, namun tidak sedikit dari peserta tes yang mampu menyelesaikan tes ini lebih dari 1 lembar. Hebat ya….! saya sendiri, satu lembar pun tak penuh. Walaupun begitu, saya tetep lolos kok. Entah penilaiannya seperti apa. I don’t know…………..!!!

Kalo mau latihan, kita bisa buat form latihannya menggunakan fasilitas macro di Ms.Office. Kebetulan tadi gw liat artikel bagus yang ngebahas cara buat form latihannya. Bagi pemilik artikelnya, ijin share disini ya…! Ini link nya: http://blog.adiwibowo.com/2007/03/bikin-form-psikotes-penjumlahan-angka.html

1 komentar:

  1. semakin orang orang tahu tips dan trik nya, semakin banyak saingan anda saat mengikuti tes, dan semakin sedikit kemungkinan untuk lolos.

    BalasHapus